Beranda » Blog » Menikmati Suasana “Mutiara Pulau Lombok” di Gili Tangkong

Gili Tangkong  id.lombokindonesia.org)

Ada banyak gili di sekitar Pulau Lombok, dengan karakter dan keunikan pesona yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Gili Tangkong. Pulau kecil yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tempat sepi, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk dunia. Dilihat sekilas, Gili Tangkong seperti sebuah tempat pengasingan, yang jauh dari keramaian, terasing, dan tak ada fasilitas seperti tempat wisata pada umumnya. Namun setelah menginjak kawasan ini, Anda akan merasakan kedamaian yang sulit untuk didapatkan di tempat-tempat lainnya.

Nah, jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya seperti Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Tangkong memiliki kekhasan tersendiri. Bisa dikatakan bahwa Gili Tangkong merupakan satu-satunya gili yang masih “perawan”. Pulau kecil ini sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah didatangi oleh pengunjung. Selain itu juga tidak berpenghuni. Tak ada sampah plastik atau kaleng, bekas tempat minum, bahkan jejak kaki di “pantai perawan” Gili Tangkong ini. Tak hanya pantai saja, sekeliling pulau ini serasa menjadi pulau pribadi Anda.

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti di gili atau pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok. Seperti sekedar berjalan-jalan menikmati suasana dan pemandangan alaminya, berenang, ber-snorkling, bahkan menyelam untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Namun tentu saja Anda harus membawa peralatan Anda sendiri. Serta tenda dan peralatan camping, dan bahan makanan jika Anda berencana ingin bermalam. Anda bisa ber-snorkling pada siang hari. Terumbu karang di perairan sekitar Gili Tangkong masih subur dan sehat. Tentu saja dengan berbagai penghuni lautnya yang tak kalah cantik. Seperti Clown FishTiger Fish, dan lain sebagainya.

Selama perjalanan laut, Anda akan melewati beberapa gili dan tempat-tempat yang menarik. Seperti Gili Sundak, Gua Landak, Gili Kedis, dan Makam Keramat. Makam Keramat ini adalah sebuah makam yang terletak di tengah laut. Makam ini berbentuk kubah yang berkaki dan dibangun dengan teknik tertentu. Sehingga jika air pasang, makam ini tidak akan tenggelam.

Anda juga bisa menyeberang ke Gili Tangkong lewat pelabuhan Mawun. Letaknya sekitar 5 Kilometer dari pelabuhan Lembar. Letaknya memang lebih jauh, namun Anda akan menemui pantai berpasir putih yang akan menemani perjalanan Anda. Dari pelabuhan Mawun, Anda juga harus menyewa perahu motor dengan harga dan kapasitas penumpang yang sama.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.